Materi 1: Memahami Warna

Warna merupakan sebuah karakteristik yang dihasilkan dari persepsi penglihatan manusia. Mata kita melihat sesuatu (laut samudera, misalnya), dan data yang dikirim dari mata kita ke otak kita memberi tahu kita bahwa itu warna tertentu (biru). Objek memantulkan cahaya dalam kombinasi panjang gelombang yang berbeda. Otak kita menangkap kombinasi panjang gelombang itu dan menerjemahkannya ke dalam fenomena yang kita sebut warna.

Macam-macam jenis warna 

Secara umum warna terdiri dari 3 macam jenis, yaitu:

  • Warna primer (warna pokok/dasar), ialah warna dasar yang belum dicampur oleh unsur warna lain. Jenis warna primer antara lain; merah (magenta red), kuning (yellow) dan biru (cyan blue).
  • Warna sekunder (warna kedua), ialah hasil campuran antara warna primer yang satu dengan yang lainnya. Jenis warna sekunder adalah; hijau hasil campuran warna biru dengan kuning, jingga hasil campuran warna merah dengan kuning, dan ungu hasil campuran warna merah dengan biru.
  • Warna tersier ialah campuran dari salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Jenis warnanya antara lain; warna coklat campuran warna ungu dengan merah, ungu kebiruan campuran warna ungu dengan biru, hijau kebiruan campuran warna hijau dengan biru, dan seterusnya.


Comments

Popular posts from this blog

Materi 2: Warna RGB & CMYK